ActionScript 3.0: Hierarchical State Machine a.k.a HSM


Menyambung dari post sebelumnya ttg masalah “Alarm Behaviour” dari FSM, dan sudah dibahas solusinya yaitu dengan membuat sebuah global state, nah pada akhirnya sy sudah bisa mengimplementasikan Hierarchical State Machine alias HSM alias HFSM alias Hierarchicaly-Nested Finite State Machine alias Hierarchy of Nested Finite State Machine. Bingung dengan banyaknya alias2x tsb? gw aja juga bingung. Tapi sepertinya memang ada perbedaan pendapat dari para developer mengenai implementasi HSM itu sendiri.

Organization Hierarchy

ActionScript 3.0: Creating Simple MiniMap


Untuk kali ini saya akan membahas yang simpel-simpel aja…
Yap, sesuai judulnya, di sini akan dijelaskan bagaimana membuat sebuah minimap dalam game namun yang simpel aja. Maksudnya simpel yaitu ya background map ya polosan doank (bisa diganti ama gambar sih) dan marker objectnya cuma berupa lingkaran kecil doank. Walaupun begitu udah lumayan lah daripada ga ada minimapnya , dan dari sini juga bisa dikembangin jadi minimap yang lebih kompleks (kalo mau)…

loldogs-funny-picture-you-forgot-the-map